Kata konsumtif diartikan sama dengan kata konsumerisme. Kata yang terakhir mengacu pada sesuatu yang berhubungan dengan konsumen. Sedangkan PENGERTIAN POLA HIDUP KONSUMTIF akan lebih khusus menjelaskan keinginan mengkonsumsi barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan secara berlebihan untuk mencapai kebutuhan/ kepuasa yang maksimal. Sadar atau tidak akan Prilaku hidup Konsumtif, tapi memang sedang terjadi di masyarakat sekitar kita bahkan diri sendiri.

Pengertian Pola hidup konsumtif adalah Gaya hidup dimana seseorang suka membelanjakan uangnya untuk mengkonsumsi dari pada memilih untuk memproduksi atau membuat sendiri atau bagi orang yang cukup ekstrem dikenal dengan istilah shopaholic.

Coba ingat, berapa uang yang dikeluarkan untuk barang-barang, berapa banyak uang yang telah dikeluarkan untuk pergi rekreasi, pergi jalan-jalan, makan-makan di restoran atau Nonton bioskop yang telah di keluarkan dalam beberapa bulan ini. Masyarakat khususnya di lingkungan mahasiswa sangat mudah untuk masuk ke dalam Prilaku hidup konsumtif. Membeli barang yang tidak begitu penting, rekreasi, makan-makan, jalan-jalan, dan nonton di bioskop adalah hal lumrah namum bukan berarti harus jadi over dalam pengeluaran uang untuk melakukan hal-hal tersebut. Mengapa tidak mencoba untuk melakukan penghematan akan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti diatas.

Beberapa Prilaku Hidup yang harus diterapkan didalam kehidupan sehari-hari:

  1. HidupSehat
  2. HidupBersih
  3. TipsMenjaga kesehatan tubuh

Hal pertama yang harus dimiliki untuk menjahui prilaku konsumtif adalah Niat. Niat jangan hanya ada di dalam pikiran tetapi juga harus dilaksanakan didalam kehidupan. Saya teringat akan pesan seorang dosen, jika memiliki niat baik, jangan hanya dipikirkan atau diucapkan tapi buktikan dengan tindakan yang nyata.

Hal kedua menghindari budaya konsumtif adalah Pengendalian Diri. Mungkin pada mulanya sangat sulit dalam mengendalikan diri untuk tidak melakukan hal yang sudah terbiasa.
Namun bukan berarti tidak bisa, kita Mampu mulai dari hal yang terkecil/ sederhana lebih dulu, contohnya mengurangi kebiasaan naik ojek ke tempat-tempat yang dekat dari rumah karna dapat ditempuh jalan kaki selain mengirit uang ini adalah salah satu pola hidup sehat, memasak sendiri atau makan makanan masakan ibu dari pada membeli makanan cepat saji yang belum bisa diketahui kebersihan dan gizinya, mengurangi rekreasi ke tempat yang jauh karena semakin jauh suatu tempat maka semakin besar pula biaya yang akan dikeluarkan. Dari hal yang sederhana bisa menjadi hal luar biasa, bayangkan berapa uang yang dihemat jika bisa mengendalikan diri seperti ini.
Tidaklah salah jika melakukan sesuatu yang menyenangkan seperti rekreasi, berbelanja dan lain-lain. PolaHidup.com juga tidak menganjurkan untuk menjadi orang yang kikir/ bakhil. Tapi harus pintar dalam memilah-milah mana yang harus didahulukan/ lebih penting dan mana yang tidak diperlukan/ tidak penting.

Jika kebiasaan Kredit konsumtif sudah mulai melebihi batas. Tentunya harus mulai menyadari bahwa telah terjerumus dalam pola hidup tidak sehat atau Gaya hidup konsumtif. Dan harus mengambil tindakan agar kebiasaan ini tidak menjadi beban. Jangan biarkan menjadi terlarut dalam pola hidup konsumtif. Maka banyaklah berpikir untuk masa depan.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s